Rabu, 20 Oktober 2010

Analisa metode penafsiran Imam Al-Alusi.

  1. Biografi Imam Al-Alusi
Nama lengkapnya adalah Shihab ad-Din al-Sayyid Mahmud Ibn Mahmud  al-Alusy. Beliau adalah keturunan  Imam al-Husain dari ayahnya dan keturunan imam al-Hasan (Ibnu Ali bin Abi Thalib) dari  ibunya.Beliau dilahirkan kota Kurkh, Baghdad pada Jum,at, 15 Sya’ban1207 Hijriyah.
Pada usia muda beliau dibimbing oleh orang tuanya sendiri. Beliau juga belajar ulam-ulam besar pada masa itu yaitu   Syekh As-Suwaydy dan syekh khlaid An-Naqsybandy., dari Syekh yang disebutkan terkhir ini ia belajar tasawuf kepadanya. Semangat  keilmuannya yang luas berawal ketika ia berumur tigabelas tahun. Ia belajar dibeberapa madrasah. Ia bersemangat dalam menyampaikan ilmu sebagaimana ia juga bersemangat dalam menghimpunnya. Ia juga memeberi spirit kepada para penuntut ilmu dan membantu sekuatnya. Ia memberikan apa saja kepada mereka yang mampu diberikan seperti perantara kehidupan dan utuntutan-tuntutannya, agar mereka berkonsentrasi pada penelitian dan pengkajian.[1] 
Beliau menjadi mufti madzhab Hanafi ditahun 1246 H. sebelumnya di memegang bidang wakaf  Marjaniyah, lalu ia berhenti dibulan Syawal 1263 H setelah menyusun tafsirnya hingga menyempurnakannya. Kemudian ia mengembara ke kota konstantinopel (sekarang Istanbul, Turki) pada tahun 1267H. disana ia mengajukan tafsirnya kepada Raja Abdul Majid Khon.
Al-Alusi Rahimahullah wafat di hari Jum’at tanggal 25 Dlul Qa’dah 1270 H. ia dimakamkan bersama keluarganya dipemakaman Syaihk al-Karhki. Ia meninggalkan banyak karya selain Tafsir al-Alusi, yang populer diantaranya adalah, hasyiah alal Qatar dibidang ilmu Nahwu, Ukallimuha Ila Maudiil Haq, Syarh al Muslim Fil mantiq, Al-ajwibah al Iraqiyyah ‘anil asilati Lahuriah, Al-ajwibah al Iraqiyyah ‘anil asilati Lahuriah Iraniyah, Durratul Khuwas fi awhami al kahawas, Nafaqatul Qudsiyyah fil mabahits al imamiyah, al-Fawaid Assaniyah fi ilmi al Adaby al Bahtsi.[2]

 
b. Menganalisa metode penafsiran Imam Al-Alusi.
Dalam  penafsirannya, Imam Al- Alusi kerap menggunakan analisis  naqly yang bersumber dari al quran, hadits, khabar sahabat, dan atsar tabi’in dan aqly yang bersumber dari rasionalitas beliau. Secara umum, dari metode pendekatan dan metode analisisnya, menggunakan pendekatan tahlily dan Tafshily.  
Adapun untuk sumber tafsirnya, beliau kerap menggunakan tafsir komparatif (muqaranah), artinya penafsiran beliau adalah kombinasi antara metode ar-ra’yu dengan al-ma’tsur. Berikut adalah contoh penafsiran beliau, perhatikan sampel ayat dalam surat  Al-Baqarah, 282; 
يَأَيُّهَا الذين ءامَنُواْ إِذَا تَدَايَنتُم بِدَيْنٍ إلى أَجَلٍ  مُّسَمًّى فاكتبوه فَإِنْ أَمِنَ بَعْضُكُم بَعْضًا وَلْيَكْتُب بَّيْنَكُم كَاتِبٌ بالعدل
 { يَأَيُّهَا الذين ءامَنُواْ } بالله تعالى وبما جاء منه { إِذَا تَدَايَنتُم } أي تعاملتم وداين بعضكم بعضاً { بِدَيْنٍ } فائدة ذكره تخليص المشترك ودفع الإيهام نصراً لأن ( تداينتم ) يجيء بمعنى تعاملتم بدين ، وبمعنى تجازيتم ، ولا يرد عليه أن السياق يرفع لأن الكلام في النصوصية على أن السياق قد لا يتنبه له إلا الفطن ، وقي : ذكر ليرجع إليه الضمير إذ لولاه لقيل : فاكتبوا الدين فلم يكن النظم بذلك الحسن عند ذي الذوق العارف بأساليب الكلام ، واعترض بأن التداين يدل عليه فيكون من باب  ) اعدلوا هُوَ أَقْرَبُ ( [ المائدة : 8 ] وأجيب بأن الدين لا يراد به المصدر بل هو أحد العوضين ولا دلالة للتداين عليه إلا من حيث السياق ولا يكتفي به في معرض البيان لا سيما وهو ملبس، وقيل : ذكر لأنه أبين لتنويع الدين إلى مؤجل ، وحال لما في التنكير من الشيوع والتبعيض لما خص بالغاية ولو لم يذكر لاحتمل أن الدين لا يكون إلا كذلك { إلى أَجَلٍ } أي وقت وهو متعلق بتداينتم ، ويجوز أن يكون صفة للدين أي مؤخر أو مؤجل إلى أجل    {مُّسَمًّى } بالأيام أو الأشهر ، أو نظائرهما مما يفيد العلم ويرفع الجهالة لا بنحو الحصاد لئلا يعود على موضوعه بالنقض { فاكتبوه } أي الدين بأجله لأنه أرفق وأوقف؛ والجمهور على استحبابه لقوله سبحانه : { فَإِنْ أَمِنَ بَعْضُكُم بَعْضًا } والآية عند بعض ظاهرة في أن كل دين حكمه ذلك، وابن عباس يخص الدين بالسلم فقد أخرج البخاري عنه أنه قال : أشهد أن السلف المضمون إلى أجل مسمى أن الله تعالى أجله وأذن فيه ثم قرأ الآية واستدل الإمام مالك بها على جواز تأجيل القرض { وَلْيَكْتُب بَّيْنَكُم كَاتِبٌ بالعدل } بيان لكيفية الكتابة المأمور بها وتعيين من يتولاها إثر الأمر بها إجمالاً،
ومفعول يكتب محذوف ثقة بانفهامه أو للقصد إلى إيقاع نفس الفعل والتقييد بالظرف للإيذان بأنه ينبغي للكاتب أن لا ينفرد به أحد المتعاملين دفعاً للتهمة والجار متعلق بمحذوف وقع صفة للكاتب أي ليكن الكاتب من شأنه التسوية وعدم الميل إلى أحد الجانبين بزيادة أو نقص ويجوز أن يكون ظرفاً لغواً متعلقاً بكاتب أو بفعله ، والمراد أمر المتداينين على طريق الكناية بكتابة عدل فقيه دين حتى يكون ما يكتبه موثوقاً به متفقاً عليه بين أهل العلم ، فالكلام كما قال الطيبي مسوق لمعنى ، ومدمج فيه آخر بإشارة النص وهو اشتراط الفقاهة في الكاتب لأنه لا يقدر على التسوية في الأمور/ الخطرة إلا من كان فقيهاً ولهذا استدل بعضهم بالآية على أنه لا يكتب الوثائق إلا عارف بها عدل مأمون ، ومن لم يكن كذلك يجب على الإمام أو نائبه منعه لئلا يقع الفساد ويكثر النزاع والله لا يحب المفسدين . وهو اشتراط الفقاهة في الكاتب لأنه لا يقدر على التسوية في الأمور/ الخطرة إلا من كان فقيهاً ولهذا استدل بعضهم بالآية على أنه لا يكتب الوثائق إلا عارف بها عدل مأمون.[3]

Penjelasan:
Pada tafsiran potongan ayat diatas, beliau mengawali tafsirnya dengan tidak sekalipun mengambil sumber dari ayat lain, hadis atau pendapat sahabat. Artinya, beliau cenderung bersumber dari analisis ar-ra’yu meskipun hanya sebatas pamaknahan kata. Perhatikan!
{ يَأَيُّهَا الذين ءامَنُواْ } بالله تعالى وبما جاء منه { إِذَا تَدَايَنتُم } أي تعاملتم وداين بعضكم بعضاً { بِدَيْنٍ } فائدة ذكره تخليص المشترك ودفع الإيهام نصراً لأن ( تداينتم ) يجيء بمعنى تعاملتم بدين ، وبمعنى تجازيتم ، ولا يرد عليه أن السياق يرفع لأن الكلام في النصوصية على أن السياق قد لا يتنبه له إلا الفطن ، وقي : ذكر ليرجع إليه الضمير إذ لولاه لقيل : فاكتبوا الدين فلم يكن النظم بذلك الحسن عند ذي الذوق العارف بأساليب الكلام

Selanjutnya, beliau menjelaskan ada  ulama yang berpendapat bahwa kata  تَدَايَنتُم itu  satu bab dengan ayat pada surat Al-Maidah ayat 8 dengan pernyataannya;  
واعترض بأن التداين يدل عليه فيكون من باب ) اعدلوا هُوَ أَقْرَبُ ( [ المائدة]    
Setelah itu, beliau menganalisnya sendiri secara nahwiyah dan berkomentar bahwa kata التداين itu berasal dari kata دَيْنٍ  dengan penjelasannya;
وأجيب بأن الدين لا يراد به المصدر بل هو أحد العوضين ولا دلالة للتداين عليه إلا من حيث السياق ولا يكتفي به في معرض البيان لا سيما وهو ملبس، وقيل : ذكر لأنه أبين لتنويع الدين إلى مؤجل ، وحال لما في التنكير من الشيوع والتبعيض لما خص بالغاية ولو لم يذكر لاحتمل أن الدين لا يكون إلا كذلك { إلى أَجَلٍ } أي وقت وهو متعلق بتداينتم ، ويجوز أن يكون صفة للدين أي مؤخر أو مؤجل إلى أجل { مُّسَمًّى } بالأيام أو الأشهر ، أو نظائرهما مما يفيد العلم ويرفع الجهالة لا بنحو الحصاد لئلا يعود على موضوعه بالنقض { فاكتبوه } أي الدين بأجله لأنه أرفق وأوقف؛ والجمهور على استحبابه لقوله سبحانه : { فَإِنْ أَمِنَ بَعْضُكُم بَعْضًا } والآية عند بعض ظاهرة في أن كل دين حكمه ذلك،
            Sebagian dari metode bil-ma’tsur nya, beliau melanjutkan penafsirannya dengan mengambil pendapat imam Ibnu Abbas, hadis yang diriwayatkan Imam Bukhari, dan istidlal dari Imam Malik seperti berikut;
 وابن عباس يخص الدين بالسلم فقد أخرج البخاري عنه أنه قال : أشهد أن السلف المضمون إلى أجل مسمى أن الله تعالى أجله وأذن فيه ثم قرأ الآية واستدل الإمام مالك بها على جواز تأجيل القرض .

Selanjutnya, beliau mengulas lagi salah satu kata secara nahwiyah mengenai kata يَكْتُب yang menurut beliau maf’ul bih[4] dari fiil tersebut dibuang (tidak dicantumkan /makhdzuf) dan seterusnya.
{ وَلْيَكْتُب بَّيْنَكُم كَاتِبٌ بالعدل } بيان لكيفية الكتابة المأمور بها وتعيين من يتولاها إثر الأمر بها إجمالاً، ومفعول يكتب محذوف ثقة بانفهامه أو للقصد إلى إيقاع نفس الفعل والتقييد بالظرف للإيذان بأنه ينبغي للكاتب أن لا ينفرد به أحد المتعاملين دفعاً للتهمة والجار متعلق بمحذوف وقع صفة للكاتب أي ليكن الكاتب من شأنه التسوية وعدم الميل إلى أحد الجانبين بزيادة أو نقص ويجوز أن يكون ظرفاً لغواً متعلقاً بكاتب أو بفعله
            Seperti yang kami bahas dalam biografinya, imam Al-Alusi juga tenar ahli ijtihad (fiqh) sehingga hal ini mempengaruhi corak penafsirannya dalam ayat ini dengan analisis fiqh sekalipun ia juga mengambil beberapa pendapat fuqaha. Hal ini nampak dalam penafsirannya diatas dengan kalimat;
والمراد أمر المتداينين على طريق الكناية بكتابة عدل فقيه دين حتى يكون ما يكتبه موثوقاً به متفقاً عليه بين أهل العلم ، فالكلام كما قال الطيبي مسوق لمعنى ، ومدمج فيه آخر بإشارة النص وهو اشتراط الفقاهة في الكاتب لأنه لا يقدر على التسوية في الأمور/ الخطرة إلا من كان فقيهاً ولهذا استدل بعضهم بالآية على أنه لا يكتب الوثائق إلا عارف بها عدل مأمون ، ومن لم يكن كذلك يجب على الإمام أو نائبه منعه لئلا يقع الفساد ويكثر النزاع والله لا يحب المفسدين .وهو اشتراط الفقاهة في الكاتب لأنه لا يقدر على التسوية في الأمور/ الخطرة إلا من كان فقيهاً ولهذا استدل بعضهم بالآية على أنه لا يكتب الوثائق إلا عارف بها عدل مأمون.





  1. Kesimpulan:
Dari analisa terhadap tafsian Imam Al-Alusy dalam  potongan ayat 282 dari surat Al-Baqarah tersebut, secara singkat dapat disimpulkan bahwa[5];
Ø  Dari segi paradigma tafsirnya, beliau menggunakan paradigma komparatif (muqaranah atau izdiwajiy), karena selain beliau menukil dari alqur’an,hadits, dan pendapat sahabat dan ulama, beliau juga  menyertakan pendapatnya sendiri.
Ø  Dari segi jenis tafsirnya, tafsiran ini mempunyai jenis fiqhiyah karena memang ayatnya berkaitan dengan masalah fiqh.
Ø  Ditinjau dari metode analisisnya, beliau menggunakan metode analisis tafshily, karena beliau tidak hanya menerangkan makna kata, tapi juga alasan pengambilan maknanya.
Ø  Sama dengan kebanyakan tafsir lain, metode pengambilan data dalam tafsir ini, beliau menggunakan metode tahlili.









Daftar Pustaka
v  Man’I Abdul Halim Mahmud, METODOLOGI TAFSIR. Jakarta; Grasindo Persada.2006
v  Tafsir Al-Alusi dalam Maktabah Syamilah.
v   MF.Zenrif, Sintetis Paradigma Studi al-Quran, Malang: UIN Press, 2008.


[1] Man’I Abdul Halim Mahmud, METODOLOGI TAFSIR. Jakarta; Grasindo Persada.2006. mhalaman 204-205.
[2] Ibid, hlm 205.
[3] Dikutip dari maktabah symilah.
[4] Istilah maf’ul bih terdapat dalam ilmu nahwu yang dalam ilmu bahasa Indonesia sama dengan objek.
[5] Sudut pandang kesimpulan ini berpedoman kepada pembagian metodologi tafsir dalam MF.zenrif, Sintetis Paradigma Studi al-Quran, Malang: Uin Press, 2008. Hlm 50

Tidak ada komentar:

Posting Komentar